Kamis, 25 Januari 2018

DIGITAL MARKETING : MARKETPLACE BUKALAPAK DAN SOCIAL MEDIA FACEBOOK


Ada beberapa website yang melakukan optimalisasi di desktop tetapi tidak di handphone à ketika dibuka di desktop loadnya cepat namun ketika buka di handphone loadnya cepat. Nah, bukalapak lah salah satu marketplace yang mengptimalisasikan diri di desktop dan handphone.

Mencari à Meneliti à Bikin konsep à Optimasi à Analisis (dari mana kah mayoritas pengunjung membuka website saya? desktop atau handphone

Banyak cara marketing yang dapat kita lakukan. Namun yang paling mudah dan sering adalah massanger marketing.

1.      BUKALAPAK
-          Idealnya kita memiliki dua akun yaitu akun untuk berjualan dan untuk membeli. Hal tersebut menghindari toko kita dari kemungkinan ranking menurun karena memberi ranking jelek ke toko yang kita beli produknya.
-          Perbedaan deskripsi toko dan catatan pelapak
Deskripsi itu kita menjelaskan bahwa toko kita menjual apa saja, produknya seperti apa, bagaimana prosesnya dan sebagai macamnya untuk memperkenalkan toko. Sedangkan Catatan pelapak itu kita memberi pemberitahuan maupun petunjuk untuk pembeli ketika ingin membeli produk kita. Dapat berisi : apakah barang ready stok, bagaimana cara pemesanan yang efektif, kapan harus transfer supaya barang dikirimkan tepat sesuai keinginan dan berbagai hal lainnya.
-          Lebihkan keterangan berat barang untuk perkiraan packaging. Tambahkan berat packaging dengan berat produk kamu.
-          Tips nama produk
*      Gunakan kombinasi Bahasa dalam nama produk kamu, misalnya : Tas Cewek Best Quality.
*      Posting satu produk sebanyak tiga kali posting dengan nama produk yang berbeda-beda dan sedikit perbedaan gambar
*      Mengulang nama produk di kolom deskripsi
-          Bertindak seolah-olah produsen dengan memberikan harga grosir.
-          Favoritkan barang sendiri
-          Konsen : 1 hari posting sebanyak sepuluh kali. Boleh satu produknya diposting dua sampai tiga kali.
-          Pakai push
*      Lihat hari apa yang paling banyak orang lihat produk kita
*      Untuk tau jam berapa orang biasanya lihat produk kita harus dicoba-coba (biasanya orang banyak buka marketplace jam satu hingga empat dini hari)
-          Atur buka tutup lapak supaya nggak dapet polis ketika ternyata ada yang pesen produk kita tetapi tidak kita respon. Jika kita dapet polis maka rank kita akan menurun.

2.      FACEBOOK

-          Harus tau kegunaan dari facebook itu sendiri :
*      Komunikasi                 : kita tidak hanya sekedar posting produk, tetapi kita juga harus berinteraksi dengan konsumen. Caranya adalah berikan like dan comment pada postingan konsumen.
*      Trust (percaya)            : bangun kepercayaan konsumen melalui konten postingan-postingan kita. Tidak hanya dengan deskripsi singkat di postingan produk kita.
*      Give, give, take           : buatlah konten postingan yang banyak mengedukasi konsumen atau followers kita. Baru lah selipkan produk kita. Bisa juga dengan mengedukasi yang berkaitan dengan produk kita, misalnya bahan apa yang dipakai untuk pakaian yang kita jual, bagaimana cara merawatnya dll.
-          Facebook, Instagram dan social media lainnya memiliki konten-konten berbeda, kita harus tau terlebih dahulu kegunaan dasar social media tersebut.
-          Tahapan
*      Fanspage
Langkah-langkah :
1)      Setting fanpage
2)      Buat konten
3)      Buat postingan
4)      Perhatikan jam-jam prime time
5)      Gunakan fitur scheduling postingan
6)      Buat kanal-kanal yang berpusat pada satu fanpage kita
*      Content
Isi konten di socmed :
1)      Desain
2)      Foto          
3)      Video
4)      Teks
Cara membuat konten yang menarik :
1)      Salam                                : ketika hari senin dan hari besar
2)      Knowledge                       : edukasi konsumen mengenai produk kita seperti apa bahannya, cara pembuatan dll
3)      Quotes & dalil                   :
4)      Tips, trik & tutorial           : misalnya bagaimana cara merawat produk kita
5)      Activity                             : kegiatan owner, kegiatan toko
6)      Entertainment                   : memiliki tiga jenis yaitu unik, lucu dan inspiratif. Posting lah postingan yang mengandung salah satu atau semua unsur tersebut.
7)      Promo selling                    : ketika kita memposting produk, menawarkan harga dll ketika penjualan
8)      Galeri                                : posting foto deretan atau tumpukkan produk kamu yang siap dikirim atau siap diorder.
*      Posting
*      Selling
*      FB Ads
Cara optimalisasi FB Ads
1)      Research product
2)      Research market : cocoknya untuk gender apa, usia berapa, kalangan ekonomi mana
3)      Content : di FB dan FB Ads memiliki konten yang berbeda. Di FB Ads tidak boleh banyak tulisan, tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi dll lebih ketat.
4)      Target market tercapai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar